PEMBINAAN KARAKTER PERCAYA DIRI SANTRI MELALUI MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ASROR DESA CIMANUK KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN

ULAN, MAWARIS SULISTIA (2021) PEMBINAAN KARAKTER PERCAYA DIRI SANTRI MELALUI MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ASROR DESA CIMANUK KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1, 2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bagi sebagian orang, berbicara didepan umum (public speaking) mungkin sesuatu yang dihindari jika benar-benar tidak menjadi suatu keharusan. Banyak alasan seseorang enggan untuk berbicara di depan umum dalam hal apapun. Faktor yang paling berpengaruh adalah kepercayaan diri untuk melakukan hal tersebut. Lebih spesifik lagi, ketidak percayaan diri untuk berbicara di depan umum biasanya disebabkan oleh faktor pengalaman yang minim dan kurangnya wawasan akan hal yang dibicarakan (penguasaan topik pembicaraan). Untuk itu diperlukannya pembinaan karakter percaya diri yang merupakan suatu pembentukan kebiasaan dan mengubah sikap kearah lebih baik agar memiliki kepribadian yang mengandung arti keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Rumusan masalah Penelitian ini adalah Bagaimana proses pembinaan karakter percaya diri santri melalui kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Miftahul Asror? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik Snowballsampling, yaitu diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang lainnya. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses Pembinaan Karakter Percaya Diri Santri Dalam Kegiatan Muhadarah melalui dua metode, yaitu : (1) Metode Demontrasi (2) Metode Tanya Jawab dengan memperhatikan strategi Pemilihan Kelompok Muhadharah, Pembuatan Jadwal Muhadharah, Membuat dan Mengoreksi Teks Pidato. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembinaan Karakter Percaya Diri Santri Dalam Kegiatan Muhadarah di Pondok Pesantren Miftahul Asror Desa Cimanuk Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran sangat berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri dan melatih kemampuan santriyang dilakukan rutin satu kali satu minggu dan muhadharah akbar satu tahun satu kali dengan tujuan muhadharah dapat melatih rasa percaya diri, keberanian, tanggung jawab dan kemampuan berpidato santri dan mengembangkan kemampuan berdakwah dan bermental percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2021 03:14
Last Modified: 20 May 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item