PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

ILHAM, JAYA KUSUMA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB 2, DAPUS  ILHAM JAYA KUSUMA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ILHAM JAYA KUSUMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG Oleh : Ilham Jaya Kusuma Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik kelas X mata pelajaran biologi SMA Negeri 8 Bandar Lampung tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Insttruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik kelas X. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling dengan sampel dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen X IPA 1 dan kelas kontrol X IPA 2. Model Problem Based Learning dilaksanakan pada kelas eksperimen (X IPA 1) sedangkan untuk kelas kontrol (X IPA 2) menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes sedangkan uji instrument penelitian dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Uji prasyarat penelitian menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Of Variances sedangkan Uji Hipotesis menggunakan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji hipotesis Multivariate (MANOVA) diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima dengan nilai sig. 0,000< 0,05 dan sig. 0,000< 0,05. Dengan demikian model Problem Based Insttruction berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kata Kunci :Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 05:01
Last Modified: 19 May 2021 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14312

Actions (login required)

View Item View Item