GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

ANGGA, SAPUTRA (2021) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ANGGA SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG OLEH Angga Saputra Guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dituntut agar memahami kompetensi pembelajaran yang baik yaitu kompetensi pedagogik, dilihat dari hasil pembelajaran bahwa masih terdapat guru yang belum mampu menguasai kompetensi pedagogik yaitu dibagian indikator melaksanakan pembelajaran yang mendidik, dengan hadirnya kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan demokratis diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. apakah dengan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Untuk dapat mengetahui apakah dengan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. maka dilakukan Metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada dilapangan. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan penulis menggunakan beberapa metode yaitu, wawnacara, observasi, dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu kepala sekolah dan guru. Kemudian diananlisis dengan menggunakan analisi data yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari metode penelitiaan yang dilakukan menghasilkan apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dianatara nya kepala sekolah berusaha menyingkronkan kepentingan dan tujuan organisasi dengan kepentinagan dan tujuan pribadi/bawahan, kepala sekolah senang menerima saran dan kritik, kepala sekolah mengutamakan kerja sama kelompok dalam pencapaian tujuan organisasi, kepala sekolah memberikan kebebasan yang seluas-luasnya keada bawahan untuk melakukan tugas, pekerjaan dalam arti kepala sekolah memberikan toleransi terhadap kesalahan yang diperbuat oleh bawahannya, kepala sekolah berusaha memberikan kesempatan berkembang kepada bawahan, serta kepala sekolah membimbing bawahan untuk dapat berhasil dari padanya. Dari hasil diatas maka dapat di simpulkan dengan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung secara menyeluruh. Key Word : Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 03:38
Last Modified: 19 May 2021 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item