PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS I SD (SEKOLAH DASAR)/MI (MADRASAH IBTIDAIYAH)

INTAN, SUHARTASIH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS I SD (SEKOLAH DASAR)/MI (MADRASAH IBTIDAIYAH). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN SUHARTASIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan membaca sangat penting dalam dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari karena membaca menguasai berbagai macam pelajaran bidang studi di sekolah. Penelitian yang dilakukan di MIN 4 dan MIN 9 Bandar Lampung ini masih terdapat peserta didik yang belum bisa membaca. Oleh karena itu, disini peneliti ingin mengembangkan media gambar berbasis metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada keterampilan membaca di kelas I SD/MI agar memudahkan peserta didik untuk menghafal dan mengenal huruf. Selain itu penelitian ini juga bertujuan agar peserta didik menjadi tidak bosan dan lebih tertarik lagi untuk belajar membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur dari Borg dan Gall yang langkah-langkahnya dapat disederhanakan dengan dibatasi pada tujuh tahapan yaitu 1) potensi dan masalah, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain, 5) uji lapangan awal, 6) revisi Produk, 7) revisi produk oprasional. Uji coba dilakukan pada tahap satu yaitu uji coba terbatas yang terdiri dari 10 peserta didik di MIN 9 Bandar Lampung, sedangkan uji coba produk tahap dua dilakukan di MIN 4 Bandar lampung yang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu media gambar berbasis metode SAS (struktur Analitik Sintetik). Pada penilaian ahli materi diperoleh nilai rata-rata 3,57, dan penialian yang diberikan ahli media adalah 3,45, di uji coba skala kecil dengan 10 peserta didik mendapat hasil rata-rata 4,88, sedangkan pada uji coba skala besar memperoleh hasil 4,87. Jadi media gambar berbasis metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD/MI. Kata kunci : Media Gambar, Metode SAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 03:26
Last Modified: 19 May 2021 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item