TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG TINDAKAN INVESTOR SAHAM SYARIAH YANG BERTRANSAKSI SAAT PEMBAGIAN DEVIDEN (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung)

Fahri, Dwi Mahardika (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG TINDAKAN INVESTOR SAHAM SYARIAH YANG BERTRANSAKSI SAAT PEMBAGIAN DEVIDEN (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI Fahri Dwi Mahardika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS Fahri Dwi Mahardika.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama seorang investor saham dalam menginvestasikan dananya adalah untuk memperoleh pendapatan (return) yang dapat berupa pendapatan deviden (deviden yoeld) maupun pendapatan dari selisih harga jual saham terhadap harga belinya (capital gains). Berkaitan dengan pendapatan deviden, para investor pada umumnya menginginkan pembagian deviden dan peningkatan harga saham yang relatif stabil. Setelah informasi pembagian deviden suatu perusahaan diumumkan, terdapat banyak investor yang tergiur pada nominal deviden yang akan dibagikan, sehingga mereka berbondong-bondong membeli saham perusahaan tersebut hanya karena deviden yang ditawarkan cukup tinggi tanpa melihat aspek-aspek penting yang diperlukan untuk melakukan transaksi saham. Berkenaan dengan pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik transaksi pada saat pembagian deviden yang diduga seakan-akan tindakan tersebut mengarah pada tindakan spekulasi atau maisir dalam Hukum Ekonomi Syariah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana praktik investasi saham syariah dalam pembagian deviden dan bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah tentang tindakan investor saham syariah yang bertransaksi saat pembagian deviden. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik investasi saham syariah dalam pembagian deviden dan untuk mengetahui pandangan Hukum Ekonomi Syariah tentang tindakan investor saham syariah yang bertransaksi saat pembagian deviden tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang di lakukan di lingkungan masyarakat Investor Saham Syariah dan sifat penelitian ini adalah analisis kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dalam praktik investasi saham syariah dalam pembagian deviden pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung, didapatkan data bahwa proses praktik transaksi saham syariah yang dilakukan investor saat pembagian deviden dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang akan membagikan deviden dalam jangka waktu setelah tanggal pengumuman pembagian deviden (devidens declaration date) diumumkan sampai dengan tanggal pembayaran deviden (devidend payment date) berakhir. Menurut pandangan hukum ekonomi syariah praktik investasi saham syariah dalam pembagian deviden diperbolehkan (mubah) jika tindakan transaksi yang dilakukan investor saham syariah menggunakan atau berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang saham yang matang sehingga tindakan transaksi saham syariah saat pembagian deviden tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah dalam hukum Islam. Kata Kunci: Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah, Investor, Saham Syariah, Pembagian Deviden

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 02:48
Last Modified: 19 May 2021 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14296

Actions (login required)

View Item View Item