PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

MAULANA, ALIEF (2021) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MAULANA ALIEF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG Oleh Maulana Alief NPM: 1311050215 Proses pembelajaran yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung sudah cukup baik namun disini terlihat bahwa kemampuan representasi matematis para peserta didik masih kurang dan peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan tes kemampuan representasi matematis diatas dapat diketahui bahwa peserta didik kelas VIII SMP Muhamadiyah 3 Bandar Lampung belum sepenuhnya mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75. Hal ini dapat terlihat bahwa hampir separuh peserta didik tidak memenuhi kriteria tersebut. Wawancara terhadap guru matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 bahwa dalam beberapa materi yang mencakup kemampuan representasi matematis peserta didik kesulitan untuk mengungkapkan model matematika seperti pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Terkadang hal ini juga disebabkan karena kemampuan dasar yang kurang sehingga sulit untuk mengartikan apa yang diinginkan soal, ketika diberi contoh soal yang mirip mereka semangat untuk mengerjakan tetapi kalau di berikan permasalahan yang beda dan konsep pemodelan juga beda cenderung pasif dan tidak mampu menyelesaikannya. Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian mengenai Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu), karena peneliti tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variabel yang muncul. Rancangan eksperimen dalam penelitian yang dilakukan adalah dengan pola posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Sampel yang diambil menggunakan teknik randon sampling. Hasil penelitian menunjukkan Nilai Ttabel diambil pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan df = 65 yaitu 1,997. Kolom keputusan dibuat berdasarkan pada ketentuan pengujian uji T dengan thitung = 2,778 sehingga jika thitung ttabel maka dari tabel terlihat bahwa 2,778 > 1,997 dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Metaphorical Thinking dan Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2021 16:56
Last Modified: 17 May 2021 16:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item