PENGEMBANGAN MODUL IPA BERDASARKAN NILAI-NILAI KESILAMAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

Hukiyana, Hukiyana (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERDASARKAN NILAI-NILAI KESILAMAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Huki Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL IPA BERDASARKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 22 BANDAR LAMPUNG Oleh : HUKIYANA Bahan ajar yang digunakan hanya sebatas buku cetak yang diterbitkan Kemendikbud dan media yang digunakan hanya power point saja dan belum adanya bahan ajar yang didalamnya terdapat nilai-nilai keIslaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan dan respon guru terhadap modul ipa berdasarkan nilai-nilai keIslaman. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Instrument yang digunakan angket respon guru dan siswa. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari setiap validator serta guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dari segi desain isinya lebih lengkap, warna lebih menarik, dan lebih banyak gambar, info-info terkini dan terdapat nilai-nilai keIslaman. Dari segi bahasa lebih mudah dipahami dan diterima oleh siswa dan dari segi agama terdapat nilai-nilai keIslaman yang berkaitan dengan materi. Kelayakan modul biologi ipa berdasarkan nilai-nilai keIslaman diperoleh presentase kelayakan oleh ahli media sebesar 84,37%, yang dinyatakan kriteria Sangat Layak, penilaikan kelayakan oleh ahli materi sebesar 74.99% yang dinyatakan kriteria Layak, penilaian kelayakan oleh ahli bahasa sebesar 78.64% yang dinyatakan kriteria Layak, penilaian kelayakan Agama sebesar 90.35% yang dinyatakan kriteria Sangat Layak, respon pendidik sebesar 82.825% yang dinyatakan kriteria Sangat Layak dan respon peserta didik (3 kelas) sebesar 90.74% yang dinyatakan kriteria Sangat Menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul ipa berdasarkan nilai-nilai keIslaman yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi dan layak untuk digunakan karena presetase kelayakan dari modul biologi ≥ 60%. Kata kunci : Modul Biologi, nilai-nilai keIslaman, Materi Sistem Eksresi Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 13:46
Last Modified: 10 May 2021 13:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item