Implementasi manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan layanan konseling di Mts Negeri 1 Pesawaran Kabupaten Pesawaran

Munandar, Dian (2017) Implementasi manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan layanan konseling di Mts Negeri 1 Pesawaran Kabupaten Pesawaran. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (486kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (649kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (481kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (770kB) | Preview

Abstract

Setiap kegiatan memerlukan sistem manajemen yang baik. Oleh karena itu, upaya perbaikan dan peningkatan mutu manajemen menjadi salah satu prioritas yang harus diperhatikan, tidak terkecuali kegiatan bimbingan dan konseling, memerlukan layanan yang terencana, terprogram dan terarah dengan baik. Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK) di MTs Negeri 1 Pesawaran sudah dilaksanakan diantaranya Perencanaan Program dan PengaturanWaktu, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Mekanisme, Pola penanganan siswa, Penggunaan Fasilitas Pendukung, Pengarahan, Supervisi, dan penilaian dalam manajemen bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan baik namun belum dapat meningkatkan layanan konseling. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan layanan konseling di MTs Negeri 1 Pesawaran Kabupaten Pesawaran? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen BK dalam meningkatkan Layanan Konseling di MTs Negeri 1 Pesawaran kabupaten Pesawaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumberi formasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator BK, guru Bidang Studi / guru BK dan peserta didik yang ditentukan atas pertimbangan tertentu (purposive). Alat pengumpul datanya sendiri adalah peneliti sendiri, sebagai intrumen utamanya dengan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi partisipasi. Wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diukur menggunakan triangulasi data, sedang analisis data dilakukan dengan eduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan verifikasi. Berdasarkan hasil data diperoleh dari penelitian, dan setelah data dianalisa maka dapat disimpulkan Dalam perencanaan (Program Tahunan, Program semester, Program Bulanan, Program Mingguan dan Program Harian) Pola penanganan siswa telah berjalan dengan baik dan fasilitas pendukung manajemen bimbingan dan konseling telah lengkap. Pengarahan, supervisi, penilaian dijalankan secara maksimal dan meningkatnya Layanan Konseling yang indikator empat Bidang Bimbingan. Bimbingan belajar, sosial, pribadi , Karier diantaranya adalah tanggung jawab terhadap tugas/PR, tidak terlambat masuk kelas, perhatian terhadap materi pelajaran/serius dalam belajar, keinginan menjadi yang terbaik/mendapatkan nilai baik, rajin/kehadiran tatap muka, kesiapan untuk belajar dengan presentase71% dari jumlah peserta didik yang ada sedangkan 21% sedang dan 8% rendah. Kata Kunci : Semakin Baik Manajemen BK, semakin meningkatkan Layanan Konseling

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Sep 2017 01:43
Last Modified: 26 Sep 2017 01:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item