TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SISTEM BAGI HASIL DALAM KERJA SAMA BUDI DAYA LEBAH MADU ANTARA PEMODAL DENGAN PENGELOLA (Studi Pada Penangkaran Lebah Madu di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran)

Elin, Dwi Pristiana (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SISTEM BAGI HASIL DALAM KERJA SAMA BUDI DAYA LEBAH MADU ANTARA PEMODAL DENGAN PENGELOLA (Studi Pada Penangkaran Lebah Madu di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ELIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik kerja sama yang terjadi di Desa Tempel Rejo merupakan kerja sama yang dilakukan dalam bidang pengelolaan lahan yang dijadikan untuk budi daya lebah madu antara pemodal (shahibul mal) dengan pengelola (mudharib). Dimana pada akadnya pengelola mendapatkan bagian 40% dan Pemodal mendapat 60%. Sistem pembagian keuntungan seperti ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Desa Tempel Rejo. Pada kasus ini pemodal dengan pengelola melakukan kerja sama dalam mengelola lahan yang dijadikan untuk budi daya lebah madu, pemodal meminta pengelola agar tanah tersebut dijadikan untuk tempat pembudidayaan lebah madu, setelah pengelola menyelesaikan pekerjaannya tersebut, dan sudah memperoleh hasil panen, pengelola akan mendapatkan keuntungan 40% dari hasil panen tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem bagi hasil dalam kerja sama budi daya lebah madu antara pemodal dengan pengelola di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang sistem bagi hasil dalam kerja sama budi daya lebah madu antara pemodal dengan pengelola di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami sistem bagi hasil dalam kerja sama budi daya lebah madu antara pemodal dengan penggelola di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dan Untuk Mengetehui dan memahami Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang sistem bagi hasil dalam kerja sama budi daya lebah madu antara pemodal dengan penggelola di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran . Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis, serta data-data yang diperoleh dari kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan untuk menghimpun data lapangan tentang kerja sama yang terjadi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview). Dalam analisa datanya menggunakan metode kualitatif. Pengolahan data dilakukan melalui editing, dan sistematis data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan bagi hasil dalam kerja sama yang terjadi di Desa Tempel Rejo adalah pembagian keuntungan yakni 60% untuk pemodal dan 40% untuk pengelola. Akan tetapi pada praktiknya pembagian keuntungan tersebut tidak sesuai dengan apa yang ada di akad awal. Praktiknya pembagian keuntungan setelah hasil panen terjadinya kerugian yang harus ditanggung oleh pengelola, yang mengakibatkan pembagian hasil nya berbeda dari akad di awal, yaitu pengelola hanya mendapatkan bagian 30% dan pemodal mendapatkan 70%. Dalam hal ini praktik kerja sama yang terjadi di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran merupakan kerja sama yang tidak sah dan dilarang oleh Islam, berdasarkan ayat Al-quran Surat An-Naml:14, karena dalam pembagian keuntungannya tidak seperti yang diakadkan di awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 04:30
Last Modified: 10 May 2021 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item