Pengembangan Media Scramble untuk Membaca Permulaan Di SD/MI

RISTIYANI, RISTIYANI (2021) Pengembangan Media Scramble untuk Membaca Permulaan Di SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi risti yani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik yang merasa bosan pada saat proses membaca, karena media yang digunakan hanya berupa buku cetak. Selain itu, kurangnya mengaitkan materi pembelajaran dalam kehidupan nyata juga menjadi penyebab kemampuan membaca permulaan peserta didik kurang optimal. Dengan ini peserta didik membutuhkan media yang bisa memudahkan untuk mengenal abjad dengan variatif menggunakan scramble. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Develioment(R&D) dengan menggunkan metode borg and gold yang mengacu pada model pengembangan Sugiono, dengan menggunakan tujuh langkah tahapan dalam penelitian yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket vaidasi ahli materi, validasi angket ahli media dan validasi ahli bahasa serta respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut, maka dapat disimpul akan bahwa media scramble untuk membaca permulaan memperoleh rata-rata nilai dari ahli materi sebesar 75% dengan kategori layak, rata-rata penilaian ahli bahasa mencapai 95% kategori sangat layak, rata-rata ahli media mencapai 85% dengan kategori sangat layak dan rata-rata penilaian pendidik memperoleh sebesar 95% kategori sangat layak. Sedangkan penilaian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji coba skala kecil 86% yang dikategorikan sangat layak, dan uji coba skala besar memperoleh rata-rata sebesar 85% yang dikategorikan sangat layak. Dengan demikian media scramble untuk membaca pernulaan di SD/MI dikategorikan sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Permainan edukatif, media scramble, membaca permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 04:26
Last Modified: 10 May 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item