TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI JUAL BELI MAKANAN DENGAN HARGA SEIKHLASNYA (Studi Di Koperasi Santri Pondok Modern Alfurqon Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah KabupatenTulang Bawang Barat)

Niati, Istiqomah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI JUAL BELI MAKANAN DENGAN HARGA SEIKHLASNYA (Studi Di Koperasi Santri Pondok Modern Alfurqon Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah KabupatenTulang Bawang Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  Niati Istiqomah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  Niati Istiqomah 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Panaragan Jaya adalah sebuah kelurahan yang termasuk kedalam Kecamatan Tulang Bawag Barat. Di kecamatan tersebut terdapat salah satu Pondok Pesantren yang Telah berdiri Sejak tahun 2007 Yang bernama Pondok Modern Alfurqon, di dalam Pondok terdapat satu Koperasi santri yang digunakan untuk sarana jual beli. Pelaksanaan jual beli yang berlangsung selama koperasi itu berdiri berjalan sebagaimana jual beli biasanya, yang membedakan yaitu jual beli makanan yang terjadi di dalam koperasi tersebut yaitu dengan memberikan harga makan seikhlasnya kepada pembeli dengan tidak mematok harganya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik yang berlangsung dalam jual beli dengan harga seikhlasnya pada koperasi santri pondok modern alfurqon, dan bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai jual beli makanan dengan seikhlasnya koperasi santri pondok modern alfurqon, apakah sudah memenuhi prosedur yang tertera sehingga memenuhi kelayakan untuk pelaksanaan jual beli dengan sistem seperti itu dan jauh dari kata Gharar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli makanan dengan harga seikhlasnya yang terjadi dikoperasi santri pondok modern alfurqon dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum islam mengenai jual beli makanan dengan harga seikhlasnya di koperasi santri pondok modern alfurqon. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan secara induktif. Pendekatan ini berjenis (penelitian lapangan) Field Research yang dilakukan di kelurahan Panaragan Jaya. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah praktik jual beli makanan dengan sistem harga seikhlasnya atau pelaksanaanya penjual memberitahukan kepada pembeli berapa modal yang digunakan untuk pembelian makanan tersebut, dan pembeli dapat memberikan keuntungan atau harga kepada penjual dengan seikhlasnya. Pelaksanaan jual beli dengan sisitem harga seikhlasnya masih jarang dilakukan. Sedangkan tinjauan hukum Islam mengenai jual beli dengan harga seikhlasnya tidak ada unsur yang mengkawatirkan dan tidak ada unsur gharar karena dapat diketahui sifat dan jenisnya dari makanan yang diperjualbelikan dikoperasi santri tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 04:24
Last Modified: 10 May 2021 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item