PRAKTIK MUDHARABAH PADA TABUNGAN GIRO MENURUT FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL (DSN) (Studi padaBank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung)

DENNY, FERIAN (2021) PRAKTIK MUDHARABAH PADA TABUNGAN GIRO MENURUT FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL (DSN) (Studi padaBank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan Syariah merupakan suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai organisasi antara masyarakat yang kelebihan dana dengan masyarakat yang kekurangan dana, dalam menjalankan aktivitasnya harus sesuai dengan prinsip prinsip Islam. Dalam dunia perbankan dikenal dengan yang dinamakan produk pembiayaan, akad mudharabah yang pada pelaksanaanya Bank memakai tabungan pemilik nasabah. Pengelolaan tabungan nasabah yang digunakan oleh pihak Bank akan membagikan keuntungan kepada pihak nasabah sesuai dengan perjanjian yang telah dilaksanakan antara kedua belah pihak, antara pihak Bank dan nasabah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik mudharabah pada tabungan giro yang terjadi pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung?, dan apakah praktik mudharabah pada tabungan giro di Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung sesuai dengan fatwa DSN?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik akad mudharabah pada tabungan giro yang terjadi pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung, dan untuk mengetahui apakah praktik mudharabah pada tabungan giro di Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung sesuai dengan fatwa DSN. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilingkungan masyarakat tertentu, baik di lembaga organisasi�organisasi masyarakat (sosial), maupun lembaga pemerintah, penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu suatu penelitian yang setelah memamparkan dan melaporkan suatu keadaan, objek, gejala, kebiasaan, prilaku tertentu kemudian dianalisis secara lebih kritis. Adapun jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data melalui tahap editing dan sistematis data. Analisis data secara kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa praktik akad mudharabah pada produk tabungan giro di Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung, Bank sebagai pengelola dana dari nasabah yang menabung dan mengelola dana tersebut untuk diberikan kepada nasabah yang kekurangan dana dalam bentuk pembiayaan dengan akad produk sesuai dengan masing-masing, tabungan dapat diambil sewaktu-waktu apabila nasabah membutuhkan, dengan perjanjian yang disepakati. Dengan menetapkan setoran pertama minimal sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) bagi perorangan. Untuk saldo minimum minimal sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dan biaya penutupan sebesar Rp.50.000 (lima puluh ribu). Praktik Akad Mudarabah Pada Tabungan Giro Di Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung sudah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 01/DSN�MUI/IV/2000 tentang tabungan giro mudharabah dalam menjalankan operasionalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:43
Last Modified: 10 May 2021 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item