PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD/MI

NIZAR, ASFARUL AZMI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait diketahui bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut dikarenakan bahwa dalam penggunaan metode pembelajaran, guru masih menggunakan metode yang konvensional, seperti halnya metode ceramah, tanya jawab dan lain sebagainya, sehingga pembelajaran tersebut dirasa kurang efektif. Dari hal tersebut, peneliti melakukan penelitian terkait penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Problem Based Learning adalah suatu pembelajaran yang didasarkan pada proses penyelesaian masalah oleh siswa dengan mengaitkan antara pengetahuan dasar siswa dan pengetahuan baru yang dibangun dalam proses penyelesaian masalah tersebut.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Al-Fajar Pringsewu. Kemudian untuk rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Al- Fajar Pringsewu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Al-Fajar Pringsewu. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan untuk kelas V B sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelititan dan pengolahan data, diperoleh nilai sig (2-tailed) kelas eksperimen (A) dan kelas kontrol (B) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05. Karena nilai signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol < 0,05, dan berdasarkan dari dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-test, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Al-Fajar Pringsewu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:34
Last Modified: 10 May 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item