IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MA’HAD AS-SAQAFAH AL-ISLAMIYAH DI PATANI ( THAILAND SELATAN )

Mayeetae, Yuwaine (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MA’HAD AS-SAQAFAH AL-ISLAMIYAH DI PATANI ( THAILAND SELATAN ). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Mayeetae.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah agama Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan program pendidikan umum dan sekaligus program pendidikan agama Islam. Dalam pelaksanaan pendidikan agama dan umum di jalankan di bawah satu atap, namun pengelolaannya berjalan secara dualisme yaitu dalam satu sekolah mempuyai dua administratif dua kelompok tenaga edukatif, dua jenis kurikulum dan dua tujuan bagi siswa yang sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah, Patani (Thailand Selatan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah di Patani (Thailand Selatan). Penelitian ini di laksanakan di Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah, Patani (Thailand Selatan) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa instrument penelitian yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data dan informasi yang diperlukan terkumpul selanjutnya dianalisis dalam rangka menemukan makna temuan. Sumber primer dalam penelitian ini diperoleh dari data yang diambil dari beberapa guru melalui wawancara, dan data sekunder diperoleh dari data yang di ambil dari buku-buku yang relevan. Dari hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah menerapkan sistem pendidikan agama Islam sesuai dengan materi yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan, yang menyesuaikan antara materi pembelajaran dengan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, baik terkait dengan kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotoriknya dan berdasarkan falsafah Negara, dengan tujuan untuk membentuk peserta didik menjadi warga negara yang mempunyai jiwa membangun negara”. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melaksanakan pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:42
Last Modified: 25 Sep 2017 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item