PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SD NEGERI 2 YOGYAKARTA KABUPATEN PRINGSEWU

Erwan, Muslimin (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SD NEGERI 2 YOGYAKARTA KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 2 Yogyakarta Kabupaten Pringsewu. Penyebabnya yaitu metode yang secara terus menerus digunakan bersifat konvensional. Dari permasalahan diatas peneliti berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menawarkan pembelajaran menggunakan strategi index card match. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran index card match dalam pelajaran agama Islam dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah memakai strategi pembelajaran index card match. Jenis penelitian yang peneliti ambil adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini sasarannya adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Yogyakarta Kabupaten Pringsewu. Peneliti mengunakan metode pengumpulan data berupa: observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun indikator keberhasilan peneliti mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dan mastery learning 85%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 2 siklus oleh peneliti bahwa penerapan pembelajaran menggunakan strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 2 Yogyakarta Kabupaten Pringsewu. Dapat kita lihat dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebagai berikut : Setelah menerapkan pembelajaran strategi index card match dapat kita lihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I yang mengalami peningkatan sebesar 64,70% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 35,29%. Kemudian di siklus II hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan yang signifikan sebanyak yakni 88,23% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 11,76%. Maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa “ Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran menggunakan strategi index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 2 Yogyakarta Kabupaten Pringsewu”. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Strategi Index Card Match, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 04:01
Last Modified: 07 May 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item