TERAPI RUQYAH SEBAGAI UPAYA PENYEMBUHAN MENTAL DISORDER (Study Kasus Ruqyah Ust.Mansur Desa Kenali Kec. Belalau Kab. Lampung Barat)

Resti, Mardiyanti (2021) TERAPI RUQYAH SEBAGAI UPAYA PENYEMBUHAN MENTAL DISORDER (Study Kasus Ruqyah Ust.Mansur Desa Kenali Kec. Belalau Kab. Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of sekripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Resti Mardiyanti Dalam kehidupan ini manusia pasti memiliki masalah yang silih berganti, bahkan masalah yang datang tumpang tindih dan bertubi-tubi. Masalah ini lah yang dapat mengganggu mental atau psikis dan fisik seseorang, sehingga diperlukannya pengobatan terhadap gangguan mental. Salah satu caranya ialah dengan terapi ruqyah. Terapi ruqyah sendiri merupakan pengobatan tradisional, yang mengobati dan menyembuhkan suatu penyakit mental, spiritual, moral maupun fisik melalui bimbingan sekaligus pedoman kita Al-Quran. Rumah ruqyah ustad Mansur merupakan salah satu tempat pengobatan dengan cara terapi ruqyah. Terapi ruqyah ustad Mansur yang ada di desa kenali ini dilakukan oleh terapis yang sudah memumpuni dibidang terapi ruqyah dan metode yang dilakukan sesuai dengan syari‟at islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan efektivitas terapi ruqyah terhadap penyembuhan mental disorder. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan peneliti dengan observasi dan wawancara yang diproleh langsung dari sumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini informan terdiri dari satu orang terapis, tiga orang pasien, dan satu orang keluarga pasien yang terindikasi memiliki riwayat gangguan mental. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pelaksanaan terapi ruqyah yang dilakukan di rumah ruqyah ustad mansur merupakan terapi ruqyah yang sesuai dengan syari‟at islam karena menggunakan ayat-ayat Al-Quran atau hadis dan menggunakan bahasa arab yang fasih serta pembacaan dengan jelas. Adapun ke efektivitasan nya berdasarkan observasi dan wawancara dengan lima informan terapi ruqyah sangat efektif dalam proses penyembuhan gangguan mental diikuti semangat dan keinginan pasien untuk sembuh. Kata kunci : Terapi ruqyah, penyembuhan mental disorder

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 03:54
Last Modified: 07 May 2021 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item View Item