PENGARUH PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 17 NEGRI KATON

Anggitia, Resty Cahyani (2021) PENGARUH PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 17 NEGRI KATON. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Anggitia Resty Cahyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa indoneisa di SDN 17 Negri Katon kecamatan negri katon kabupaten pesawaran adalah kurangnya variasi dalam pembelajaran, dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih dicampurkan dengan pembelajaran yang lainya, sehingga membuat peserta didik kurang memhami materi yang disampaikan dengan baik. kurangya hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan hasil ulangan harian peserta didik yang menunjuukan hanya 15 atau 37% peserta didik yang mendapat nilai mencapai KKM. Wali kelas III juga mengatakan bahwa pembelajaran hanya bedrsarkan buku dan penjelasan guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatahui pengaruh pendekatan whole language terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelaharan bahasa Indonesia dikelas III SDN 17 Negri Katon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi ekspeimental design dengan rancangan yang digunakan yaitu pretest –postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 17 Negri Katon, sedangkan sampel pada penelitian ini yakni peserta diidk kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas control. teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan randam sampling. pada penelitian ini pengumpulan data yang digunakan yaitu wawacara,observasi,tes dan dokumentasi. instrument tes yang digunakan yakni tes dan lembar observasi aktivitas belajar peserat didik. uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis Independent Sampel t-Test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan nilai rata – rata kelas control sebesar 65.80 sedangkan rata – rata pada kleas ekperimen sebesar 89.18. Hasil hipotesis dengan menggunakan analisis Idependent Sampel t- Testdengan taraf signifikan 5% atau 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh pendekatan whole langueg terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dikels III SDN 17 Negri Katon. Kata Kunci: Pendekatan Whole Language, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 03:41
Last Modified: 07 May 2021 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item