TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH PENYEDIA JASA PEMBAYARAN KREDIT (Studi di Loket Pembayaran Pandawa Sukarame, Bandar Lampung)

RIAN, MANSUR INDRAWAN (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH PENYEDIA JASA PEMBAYARAN KREDIT (Studi di Loket Pembayaran Pandawa Sukarame, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIAN MANSUR INDRAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia dalam kehidupanya memiliki kebutuhan yang beragam. Oleh karena itu dalam memenuhi kebutuhan tersebut, seseorang membutuhkan adanya kerjasama dengan orang lain. Maka Allah Swt membolehkan hambanya untuk melakukan praktik muamalah seperti upah mengupah (ujrah), sewa menyewa (ijarah) dan lain sebagainya. Ijarah merupakan akad yang dilakukan atas dasar suatu manfaat dengan imbalan jasa yaitu upah. Dalam praktiknya yang terjadi di Loket Pembayaran Pandawa, Kec.Sukarame, Kota Bandar Lampung memberikan pelayanan jasa berupa pembayaran kredit kendaraan, pembayaraan Listrik, pembayaran air PDAM, dan sebagainya. Tarif jasa yang diberikan yaitu sebesar 3% dari jumlah yang akan dibayarkan, akan tetapi penyedia jasa memberikan informasi tarif setelah transaksi dilakukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik upah pada penyedia jasa pembayaran kredit dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upah penyedia jasa pembayaran kredit di Loket Pembayaran Pandawa Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik upah pada penyedia jasa pembayaran kredit dan mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap upah pada penyedia jasa pembayaran kredit di Loket Pembayaran Pandawa Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu riset yang didasarkan pada data maupun informasi yang bersumber dari penyedia jasa dan pengguna jasa dengan cara wawancara langsung kepada pemilik loket pembayaran pandawa dan pengguna jasa yang datang. Dari data yang telah terkumpul selanjutnya akan diteliti sesuai fakta yang terjadi dilapangan, sehingga mudah dipahami dengan menggunakan pendekatan normatif yang dilandasi pada tinjauan hukum Islam kemudian data dianalisis secara induktif. Praktik penyedia jasa pembayaran kredit di Loket Pandawa Sukarame, Bandar Lampung dilakukan dengan cara pengguna jasa datang langsung ke loket untuk melakukan pembayaran kredit dan menyerahkan bukti pembayaran terakhir, kemudian akan diproses oleh petugas loket. Setelah pihak penyedia jasa melakukan proses pembayaran kepada perusahaan pembiayaan yang bersangkutan. Pengguna jasa akan mendapatkan bukti pembayaran dari petugas loket, dan diminta untuk membayar sesuai dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan dan ditambah dengan biaya pembayaran jasa sebesar 3% dari biaya angsuran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik upah pada penyedia jasa pembayaran kredit di Loket Pembayaran Pandawa Kecamatan Sukarame Bandar Lampung ini tidak sah untuk dilakukan. Hal ini karena tidak terpenuhinya shighah al-‘aqd yang terdapat dalam rukun Ijarah, yaitu berupa pernyataan dari kedua belah pihak yang berakad (berkontrak), baik secara verbal ataupun dalam bentuk lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2021 18:18
Last Modified: 06 May 2021 18:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item