UJI AKTIVITAS TABIR SURYA KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma Longa ) DAN GANGGANG HIJAU (Haematococus Pluviaris) SECARA IN VITRO

Habibul, Ikhsan (2021) UJI AKTIVITAS TABIR SURYA KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma Longa ) DAN GANGGANG HIJAU (Haematococus Pluviaris) SECARA IN VITRO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi HABIBUL IKHSAN 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skrpsi HABIBUL IKHSAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UJI AKTIVITAS TABIR SURYA KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma Longa ) DAN GANGGANG HIJAU (Haematococus Pluviaris) SECARA IN VITRO Oleh : Habibul Ikhsan NPM: 1611060367 ABSTRAK Tingginya aktivitas antioksidan dari ekstrak ganggang hijau membuat ganggang hijau (Haematococus Pluviaris) mampu mencegah radiasi yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV. Aktivitas antioksidan yang tinggi disebabkan adanya senyawa astaxanthin yang tinggi yaitu astaxanthin memeiliki kandungan antioxsidan sepuluh kali lebih kuat dari kelompok karoten lainnya. Kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimiliki oleh kunyit (Curcuma Longa) juga membuat kunyit mampu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Mengingat tingginya aktivitas antioksidan dari kedua tumbuhan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas tabir surya kombinasi ekstrak kunyit (Curcuma Longa) dan ganggang hijau (Haematococus Pluviaris) secara in vitro menggunakan spektrometer UV-VIS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui aktivitas tabir surya dari kombinasi kedua ekstrak tersebut. Pengujian aktivitas tabir surya dilakukan dengan menggunakan konsentrasi sebesar 100 ppm dengan perbandingan kombinasi ekstrak antara kunyit dan ganggang hijau adalah sebesar 3:1, 2:2 dan 1:3 yang kemudian akan diujikan pada Panjang gelombang 290-320 nm. Data hasil uji aktivitas tabir surya menunjukan nilai SPF tertinggi diperoleh pada konsentrasi S3, hal ini disebabkab karena perbandingan ekstrak ganggang hijau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ekstrak kunyit sehingga nilai SPF dari kobinasi keduanya tergolong dalan aktivitas perlindungan tabir surya proteksi ultra yaitu sebesar 31,51. Kata kunci : Ganggang Hijau (Haematococus Pluviaris), Kunyit (Curcuma Longa), Tabir Surya, Spektorofotometer UV-VIS, In-Vitro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 06:34
Last Modified: 04 May 2021 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item View Item