UJI EFEKTIVITAS KRIM O/W KOMBINASI EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN GANGGANG HIJAU (Haematococcus pluvialis) SEBAGAI PELINDUNG RADIASI SINAR UV SECARA IN VIVO

I MELDA, PUTRI (2021) UJI EFEKTIVITAS KRIM O/W KOMBINASI EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN GANGGANG HIJAU (Haematococcus pluvialis) SEBAGAI PELINDUNG RADIASI SINAR UV SECARA IN VIVO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI IMELDA 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI IMELDA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

UJI EFEKTIVITAS KRIM O/W KOMBINASI EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN GANGGANG HIJAU (Haematococcus pluvialis) SEBAGAI PELINDUNG RADIASI SINAR UV SECARA IN VIVO Oleh: I Melda Putri Kayu manis (Cinnamomum burmannii) memiliki kandungan senyawa Sinamaldehid yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang kuat, dikombinasikan dengan ganggang hijau (Haematococcus pluvialis) yang memiliki kandungan Astaxanthin yang juga merupakan antioksidan, astaxanthin dapat mengabsorsi energi yang berlebihan dari radikal bebas. Sehingga kedua bahan ini cocok untuk dikombinasikan dan digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan sunscreen yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas krim o/w kombinasi ekstrak kayu manis dan ganggang hijau pada variasi konsentrasi 0,5%, 2%, 3,5%, dan 5% untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang diujikan secara in vivo kepada hewan uji mencit. Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi dengan pelarut etanol 95%, hingga dihasilkan ekstrak kental, lalu dilanjutkan dengan pembuatan krim o/w kombinasi ekstrak kayu manis dan ganggang hijau dengan cara fase air dan fase minyak dileburkan kedalam cawan porselen di atas penangas air sampai cair (suhu dijaga 70-75 ⁰ C). Penelitian ini menggunakan 18 ekor mencit jantan yang dicukur punggungnya untuk masing-masing sampel iritan seluas 3-4 cm2.. sampel yang diujikan adalah formula F1, F2, F3, F4 dengan variasi konsentrasi (0,5%, 2%, 3,5%, dan 5%), dan basis krim sebagai kontrol negatif, serta sunscreen emina spf 30 sebagai kontrol positif. Pengujian dilakukan dengan metode Draize. Hasil penelitian menunjukan formula krim F1, F2, F3, F4, dan kontrol positif tidak mengiritasi (indeks iritasi 0) sedangkan basis krim sebagai kontrol negatif menghasilkan tingkat iritasi ringan (indeks iritasi 0,75). Kata Kunci : Kayu Manis, Ganggang Hijau, Krim O/W, Mencit putih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 06:16
Last Modified: 04 May 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14147

Actions (login required)

View Item View Item