PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PERWANIDA II BANDAR LAMPUNG

WINI, APRIANTI (2021) PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PERWANIDA II BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (941kB)
[thumbnail of skripsi Wini Revisian terbaru.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan permainan puzzle merupakan salah satu metode yang digunakan untuk perkembangan kemampuan kognitif anak di RA Perwanida II Bandar Lampung, Kemampuan Kognitif anak merupakan kemampuan anak untuk belajar dan memecahkan masalah, mengklasifikasikan benda,berfikir simbolik dan dapat beradaptasi dengan lingkungan. Kemampuan Kognitif anak dalam tahap mulai berkembang. Dikarenakan metode bermain sambil belajar digunakan hanya pada waktu tertentu saja, pembelajaran yang di gunakan di RA tersebut dengan cerita lalu pemberian tugas, sehingga membuat anak menjadi bosan. Hal ini yang menyebabkan perkembangan kognitif anak belum maksimal begitu juga dengan perkembanganya yang lain. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif ini yang bertujuan untuk mengetahui Perkembangan kognitif anak melalui permainan puzzle. Peneliti ini menggunakan subjek Guru dan anak yaitu 1 orang tua guru 15 peserta didik. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis dat yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan Uji keabsaan menggunakan triangulasiBerdasarkan hasil analisis, maka dapat saya simpulkan bahwa perkembangan kognitif anak, di RA Perwanida II Bandar Lampung telah dilaksanakan, tetapi langkah-langkah dalam bermain puzzle belum sesuai dengan gabungan teori Subagio dan Situmorang, masih ada satu langkah yang belum diterapkan yaitu Guru mengumpulkan berbagai jenis puzzle dan membebaskan anak unuk memilih berbagai jenis puzzle yang mereka sukai. Tetapi di RA Perwaida II Bandar Lampung guru langsung membagi puzzle kepada anak didik. Dari hasil perkembangan kognitif anak dalam kategori belum berkembang ada 0 anak (0%), mulai berkembang ada7 anak (46%), berkembang sesuai harapan ada 5 anak(33%), dan berkembang baik ada 3 anak(20%). Kata kunci : Permainan Puzzle, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 06:01
Last Modified: 04 May 2021 06:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item