EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MIA DI MAN 1 TANGGAMUS

YOGI, SAPUTRA (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MIA DI MAN 1 TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi Yogi print.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan pembelajaran online daring dalam meningkatkankan hasil belajar peserta didik. Dampak dari penyebaran Covid-19 menyebabkan pemberlakuan pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang di lakukan menggunakan teknologi elektronik, tak terkecualli pendidikan Islam yang juga harus melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini menggambarkan efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menningkatkan pembelajaran fiqih. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini mengambil latar belakang MAN 1 Tanggamus. Peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tanggamus, yang mana pada pelaksanaannya di adakan atau menggunakan E-Learning yang telah di sediakan madrasah, guru melaksanakan pembelajaran E-Learning di lingkungan atau di kelas yang telah di sediakan oleh pihak sekolah. Faktor Pendukung dan penghambat/kendala pada proses pelaksanaan Pembelajaran Daring di MAN 1 Tanggamus pada mata pelajaran Fiqih :Pendukung, Modul/buku, Sarana dan Prasarana, waktu dan tempat lebih efektif, siswa tidak hanya bergantung pada guru, siswa dilatih untuk menguasai teknologi informasi. Penghambat: kesulitan guru dalam mengontrol siswa, pembellajaran lebih banyak teoritis minimum praktek,minimnya signal dan tidak mempunyai alat elektronik. Hasil penelilitan di atas jika di lihat dari ulangan semestr ganjil anak kelas x dengan ulangan hasil genap peserta didik kelas x MIA 1 dan 2 meningkat. Hal ini menunjukkan tingkat keefektifan pembelaajran Daring di MAN 1 Tanggamus belum efektif meskipun hasil belajar peserta didik melonjak, namun ada beberapa kendala yang di alami dalam pembelajaran E-earning Madrasah tersebut. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 03:50
Last Modified: 04 May 2021 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item