PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

DIAN, RAHMAWATI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses belajar mengajar, di SD Negeri 1 Jatimulyo Lampung Selatan aktivitas belajar peserta didik masih tergolong sangat kurang. Dalam proses pembelajaran sangat diperlukan aktivitas belajar yang positif agar peserta didik lebih aktif dalam belajar dan akan menimbulkan hasil belajar yang baik. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti lebih mendalam dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yakni penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together di SD Negeri 1 Jatimulyo Lampung Selatan. Model pembelajaran Numbered Heads Together adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Berdasarkan prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut peneliti merencanakan untuk melaksanakan dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan tersebut akan dilakukan pada setiap siklus. Pada setiap siklusnya akan dilaksanakan selama 4 x 35 menit pelajaran atau 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Lampung selatan aktivitas belajar peserta didik mulai meningkat dari setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan pertama sebanyak 38%, dan pertemuan kedua 51%, di siklus II pertemuan pertama sebanyak 70%, dan pertemuan kedua 88% dengan jumlah 31 peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 03:36
Last Modified: 04 May 2021 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item