TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMANFAATAN LAHAN PARKIR YANG TELAH DISEWAKAN (Studi di Pasar Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan)

REZA, AYU APRILIA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMANFAATAN LAHAN PARKIR YANG TELAH DISEWAKAN (Studi di Pasar Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI REZA AYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan muamalah merupakan kegiatan yang melakukan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu bentuk kegiatan muamalah adalah sewa-menyewa. Sewa menyewa merupakan penukaran suatu manfaat dengan jalan memberikan imbalan atas jasa dalam jumlah tertentu, pada dasarnya sewa menyewa yaitu pengalihan hak manfaat atas barang atau jasa melalui pembayaran upah sewa. Seperti halnya sewa menyewa lahan parkir beserta ruko yang ada di Pasar Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Sewa menyewa lahan parkir beserta ruko yangyang dilakukan oleh pihak yang menyewakan dengan pihak penyewa. Permaslahan dalam sekripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pemanfaatan lahan parkir yang telah disewakan di Pasar Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan ? Dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang pelaksanaan pemanfaatan lahan parkir yang telah disewakan di Pasar Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik pemanfaatan lahan parkir yang telah disewakan di Pasar Sidomulyo dan untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap pemanfaatan lahan parkir yang telah disewakan di Pasar Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo Lampug Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena metode kualitatif merupakan metode analisa data yang bertujuan untuk memahami fenomene ata gejala sosial dengan cara memberikan pemaparan berupa penggambaran yang jelas tentang fenomena atau gejala sosial dalam bentuk rangkaian kata yang pada akhirnya akan menghasilkan teori. Metode berfikir dalam penelitian ini menggunakan metode berfikir deduktif, yaitu mempelajari suatu gejala yang umum untuk mendapatkan kaidah-kaidah yang berlaku di lapangan mengenai fenomena yang diselidiki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Berdasarkan penelitian ini dapat dikemukan bahwa akad sewa menyewa yang terjadi di pasar Sidomulyo merupakan akad yang dilakukan secara lisan, dan suka sama suka. Dengan demikian rukun dan syarat akad sewa menyewa telah terpenuhi. Namun dalam praktik pemanfaatan lahan parkir yang telah disewakan di Pasar Sidomulyo Lampung Selatan belum sesuai dengan Hukum Islam, sebab dalam melakukan akad sewa-menyewa yang dijadikan objek sewa akad diberikan sepenuhnya terhadap penyewa sampai masa sewa habis, namun dalam masa sewa-menyewa berlangsung pemilik lahan memanfaatkan lahan perkir tersebut sehingga secara tidak langsung pemilik lahan mengambil yang bukan menjadi haknya, hal ini dilarang oleh Islam. Sehingga akad yang terjadi antara penyewa dengan pemilik lahan memiliki unsur ketidakadilan, selain itu aspek mudharatnya lebih besar dirasakan oleh penyewa dari pada kemaslahatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 02:53
Last Modified: 04 May 2021 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item