ANALISIS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MIN 5 BANDAR LAMPUNG

MITA, PRAMESWARI (2021) ANALISIS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MIN 5 BANDAR LAMPUNG Oleh Mita Prameswari Penelitian ini berawal dari kurangnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Seperti yang penulis ketahui disekolah tersebut khususnya kelas III masih ada peserta didik yang kurang memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi, kurang bersemangatnya peserta didik untuk belajar, masih ada peserta didik yang main-main dikelas saat guru menjelaskan materi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan minat belajar siswa kelas III MIN 5 Bandar Lampung Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MIN 5 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah siswa kelas III dan hanya 1 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpose Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, dokumentasi dan angket/kuesioner.. Untuk mengetahui validasi isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada tim validator. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat penerapan media flashcard untuk kebutuhan belajar Bahasa Inggris oleh peserta didik kelas III MIN 5 Bandar Lampung sebanyak 47,37% sangat tinggi, 26,32% tinggi, 5,26% rendah dan 21,05% sangat rendah. Dan tingkat minat belajar peserta didik kelas III MIN 5 Bandar Lampung sebanyak 52,63% sangat tinggi, 39,5% tinggi, 5,3% rendah dan 2,6% sangat rendah. Peserta didik kelas III A tingkat penerapan media flashcardnya sangat tinggi, hampir semuanya menyukai dengan media flashcard. Peserta didik yang minat belajar Bahasa Inggrisnya rendah karena peserta didik tersebut memang tidak menyukai pelajaran Bahasa Inggris, jadi mau diterapkannya media flashcardpun peserta didik tersebut tetap tidak antusias terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Kata Kunci : Media Flashcard, Minat Belajar Bahasa Inggris.3 3 ABSTRACT ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF FLASHCARD MEDIA IN ENGLISH IN INCREASING LEARNING INTEREST OF CLASS III MIN 5 BANDAR LAMPUNG STUDENTS By Mita Prameswari This research originated from the lack of interest in learning by students in English. As the authors know, in this school, especially in class III, there are still students who do not pay attention to the teacher when explaining the material, students are not enthusiastic about learning, there are still students who play in class when the teacher explains the material. This thesis aims to determine the Application of Flashcard Media in English Subjects in Increasing Student Interest in Learning Class III MIN 5 Bandar Lampung. This type of research is qualitative research with descriptive methods. This research was conducted at the MIN 5 school in Bandar Lampung. The research sample was students in class III and only 1 class, sampling was done by using purposive sampling technique. The data collection techniques used by the writer were interviews, documentation and questionnaires / questionnaires. To find out the validation of the contents of the instrument by consulting the validator team. Data collection methods using interviews, questionnaires and documentation. Based on the results of the study, it can be concluded that the level of application of flashcard media for the needs of learning English by grade III students of MIN 5 Bandar Lampung is 47.37% very high, 26.32% high, 5.26% low and 21.05% very low. And the level of student interest in class III MIN 5 Bandar Lampung as much as 52.63% is very high, 39.5% high, 5.3% low and 2.6% very low. Class III A students have a very high level of application of flashcard media, almost all of them like flashcard media. Students who have low interest in learning English because these students do not like English lessons, so even if they want to apply flashcard media these students are still not enthusiastic about English lessons. Keywords: Flashcard Media, Interest in Learning English.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 05:05
Last Modified: 03 May 2021 05:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item