ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPPPADA SISWA KELAS IV DI SD N 1 GUNUNG SARI ULUBELU TANGGAMUS

GISKA, RIZKI KARUNIA PUTRY (2021) ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPPPADA SISWA KELAS IV DI SD N 1 GUNUNG SARI ULUBELU TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring berbasis whatsapp. Jenis penelitian yang dilakukanadalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Gunung sari, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Gunungsari. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi, kemudian disajikan, lalu penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa selama pembelajaran daring, keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik saat pembelajaran berlangsung masih ada beberapa peserta didik yang terlambat mengikuti pembelajaran daring dan kurang aktif dalam mennyampaikan perrtanyaan atau menjawab pertanyaan dari pendidik. Hal ini disebabkan karena adanya faktor kendala selama pembelajaran daring seperti tidak memiki handphone yang dapat mengakses whatsapp dan terbatas nya akses internet. Kata Kunci : Keaktifan belajar, Whatsapp Groub

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:14
Last Modified: 03 May 2021 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item