PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

SELY, TRITIA (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG Oleh Sely Tritia Penelitian ini dilakukan di SD Insan Mandiri Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dengan menggunakan media pembelajaran Adobe Flash terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Insan Mandiri Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V SD. Hal tersebut di pengaruhi beberapa faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran yang digunakan pendidik pada saat proses pembelajaran masih menggunakan media yang konvensional. Jenis penelitian ini merupakan Pre-Eksperimen Design dengan bentuk one group pretest-postest, penelitian ini membandingkan keadaan sampel sebelum dan sesudah diberikan Treatment. Subjek penelitian ini di kelas VA SD Insan Mandiri Bandar Lampung sebanyak 26 peserta didik. Instrument penelitian ini berupa soal pilihan ganda (PG) terdiri dari 30 butir soal yang sudah di validasi oleh validator. Hasil penelitian dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample T-Test) dengan taraf signifikansi 0,05 , diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak, sehingga tedapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Dapat dilihat nilai rata-rata hasil posttest sebesar 69,5385 lebih besar dari pada nilai rata-rata hasil pretest sebesar 48,3077. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran Adobe Flash terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Media pembelajaran Adobe Flash.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:02
Last Modified: 03 May 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item