FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2013 )

Ristiani, Dwi (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2013 ). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Ristiani.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia tingkat pengangguran terdidik masih tergolong tinggi, dengan melihat hal tersebut, salah satu cara untuk mengatasinya salah satunya adalah dengan wirausaha, oleh karena itu para sarjana diharapkan dapat menjadi wirausahawan muda terdidik yang mampu merintis usahanya sendiri. Seperti yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung tidak sedikit yang telah memiliki pekerjaan sampingan sebagai wirausahawan, yakni banyak ditemui mahasiswa yang berwirausaha misalnya berjualan makanan, pakaian, sepatu, kosmetik, kerajinan tangan, hingga berbagai macam pulsa dsb, yang di jual melalui online atau offline (secara langsung). Dari fenomena tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa sedang mempersiapkan diri untuk terhindar dari pengangguran terdidik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam angkatan 2013? dan Bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2013?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2013, dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Raden Intan Lampung angkatan 2013. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) Adapun penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan populasi dan sampel dimana populasi berjumlah 123 mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam angkatan 2013 dan sampelnya berjumlah 55 orang dengan menggunakan rumus Burhan Bungin dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara, dan hasilnya data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah melakukan penelitian dan menganalisisnya, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat faktor personal, yang terdiri dari keinginan memperoleh laba/uang, kesenangan dan hobby. Faktor sociological terdiri dari teman dan faktor environmental yang terdiri dari sumberdaya, peluang dan pesaing yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam angkatan 2013. ajaran ekonomi Islam bahwa segala apa yang diharapkan dalam berwirausaha akan bernilai apabila berniat mencari keuntungan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mencari berkah Allah dengan senang dan ikhlas dalam bekerja, maka manfaat keduanya pun akan didapat. Selain itu juga berlaku sebagai khalifah maka memanfaatkan dan menjaga sumberdaya dan berbagi dengan sesama juga sebagai bentuk tanggungjawab manusia terhadap Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Sep 2017 07:23
Last Modified: 20 Sep 2017 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item