PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNGTERANG KECAMATAN LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG

Sidik, Aan Sai'in (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNGTERANG KECAMATAN LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai kegiatan menghasilkan kurikulum Pendidikan Agama Islam, proses mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang lebih baik, kegiatan penyusunan, pelaksanaan, penilaian dan penyempurnaan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam sangat penting terlebih di sekolah yang berbasis Agama Islam. Karena dengan adanya pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan yang berbasis Islam diharapkan mampu menghasilkan kurikulum yang bernuansa Islami dan memajukan proses pendidikan juga lembaga pendidikan yang berasaskan Islam. maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)Bagaimana pengembangan kurikulum PAI di SDIT Muhammadiyah Gunungterang Kecamatan Langkapura Kota Bandar lampung ? (2) Apa hasil dari pengembangan kurikulum PAI di SDIT Muhammadiyah Gunungterang Kecamatan Langkapura Kota Bandar lampung ? Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, Penanggungjawab Kurikulum PAI dan guru PAI. Data dianalisis melalui teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum PAI di SDIT Muhammadiyah Gunungterang dilaksanakan oleh : penanggungjawab kurikulum PAI, kepala sekolah, guru PAI dan komite sekolah. Pengembangan kurikulum PAI di SDIT Muhammadiyah dalam proses pengembangannya, yaitu dimulai dari tahap merumuskan kurikulum PAI yang dilakukan oleh penanggungjawab kurikulum PAI kemudian dimusyawarahkan bersama kepala sekolah dan dewan guru kemudian setelah ada kesepakatan bersama diterapkan oleh sekolah. Dari pengengembangan yang dilakukan dalam kurikulum PAI di SDIT Muhammadiyah Gunungterang mendapat hasil yang berbentuk mata pelajaran dan program program, seperti lahirnya mata pelajaran tahfidz, tahsin, doa hadits, kemudian program pekanan, buku penghubung, juga program gerakan literasi membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:04
Last Modified: 23 Feb 2017 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item