PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMAN 2 KOTA AGUNG

YUWANDA, MIFTHAHUL JANNAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMAN 2 KOTA AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YUWANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 Kotaagung menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantuan Peta Konsep belum diterapkan dan juga Kemampuan Metakognisi serta Sikap Ilmiah Peserta Didik kelas XI masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantuan Peta Konsep terhadap Kemampuan Metakognisi dan Sikap Ilmiah Peserta Didik kelas XI di SMA Negeri 2 Kotaagung. Metode penelitian menggunakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control. Populasi penelitian menggunakan seluruh kelas Peserta Didik kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Kotaagung dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan metode Cluster Random Sampling. Sampel ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA 1) dan kelas kontrol (XI MIA 2). Teknik pengumpulan data menggunakan tes (posttest) setelah itu hasil tes kemudian dianalisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan metakognisi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis ANAVA pada riset ini menunjukkan nilai Sig. 0,000 < α (0,05) sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan dilanjutkan dengan uji Scheffe dan mendapatkan hasil H0 ditolak. Jika H0 ditolak berarti ada pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantuan Peta Konsep terhadap kemampuan metakognisi dan sikap ilmiah peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran Disovery Learning. Kata kunci : Kemampuan Metakognisi, Sikap Ilmiah, Model Auditory Intelectually Repetition (AIR), Peta Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 03:38
Last Modified: 03 May 2021 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item