IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III C SDN PURWODADI SIMPANG

Intan, Putri Wulandari (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III C SDN PURWODADI SIMPANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Intan Putri 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Intan Putri PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III C SDN PURWODADI SIMPANG Oleh Intan Putri Wulandari Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan suatu perencanaan strategi pembelajaran KWL (Know-Want-to Know-Learned), Membaca dijadikan tolok ukur seseorang dalam memahami suatu pembelajaran, berkomunikasi, dan juga berbahasa. Strategi yang digunakan harus efektif, dan juga menyenangkan. Strategi KWL (Know- Want- to Know-Learned) bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam membaca dan menemukan sebuah informasi baru, mengingat dan mengungkap kan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu pendidik dan peserta didik kelas III C di SDN Purwodadi Simpang. Objek dari penelitian ini yaitu implementasi strategi pembelajaran KWL (Know-Want-to Know-Learned) terhadap kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis data berupa reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi stretegi pembelajaran KWL (Know-Want-to Know-Learned) berperan penting terhadap kemampuan membaca, adapun peranan strategi ini yaitu: perencanaan dan pelaksanaan strategi KWL (Know- Want- to Know-Learned) terarah dengan baik dan menyenangkan, evaluasi strategi KWL (Know-Want-to Know-Learned) menunjukkan hasil yang baik dengan jumlah nilai rata-rata ≥8.00. Faktor penghambat dapat diatasi dengan dukungan dalam kegiatan yang efektif dan kondusif. Kata Kunci: KWL (Know- Want- to Know-Learned), Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 03:16
Last Modified: 03 May 2021 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item