PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SD/MI

ECI, WIDYAWATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan adalah gambar dan berpatokan pada buku. Media yang hanya berupa gambar, jadi dalam segi materi penyampaiannya tidak jelas, tidak komunikatif dan sulit dipahami. Sedangkan yang di butuhkan peserta didik seperti media yang lebih menarik, seperti media yang ada gambar dan terdapat suara, media yang ada materi atau penjelasan isi materi. Jadi karena itu peneliti ingin mengembangkan media video powtoon karna dalam media video powtoon dapat menjawab dari permasalahan yang dihadapi peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil keefektifan dan video kelayakan, kemenarikan pengembangan video berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik tema berbagai pekerjaan. Dengan ini, peserta didik membutuhkan media yang bisa menyampaikan materi yang variatif dan inovatif dengan mengaitkan kehidupan nyata peserta didik, seperti media pembelajaran yang berupa video berbasis powtoon pada pembelajaran tematik. Sehingga dapat membangkitkan motivasi pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE dengan menggunakan lima langkah tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, dan evaluasy. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validas ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli bahasa serta respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media video berbasis powtoon pada pembelajaran tematik memperoleh kategori sangat layak dengan persentase dari ahli materi sebesar 80%, ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 87,85%, penilaian ahli bahasa memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 84,16%. Penilaian pendidik memperoleh kategori sangat menarik dengan persentase sebesar 96,92%, sedangkan penilaian peserta didik pada tahap uji coba skala kecil mendapat kategori sangat iiimenarik dengan persentase sebesar 92,75%, dan uji coba skala besar memperoleh kategori sangat menarik dengan persentase sebesar 91,60%. Dengan demikian media video berbasis powtoon pada pembelajaran tematik yang dikembangkan sangat layak dan sangat menarik dijadikan sebagai media pembelajaran untuk SD/MI pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Research And Development, Powtoon, Video Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:44
Last Modified: 30 Apr 2021 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item