PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PECAHAN KELAS V SD/MI

NURMALITA, PUTRI UTARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PECAHAN KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1.2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP NURMALITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul matematika berbasis pemecahan masalah serta mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dari modul tersebut.Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh masalah atau hambatan yang dialami pendidik dan peserta didik. Penelitian ini mengacu pada prosedur Borg and Gall dengan langkah-langkah: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MIN 9Bandar Lampung dan SDN 2 Ketapang.Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angketrespon peserta didik dan angket respon pendidik serta angket untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan.Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar modul matematika berbasis pemecahan masalah. Validasi produk dilakukan oleh 3 dosen ahli dan 3 tenaga pendidik dari SD IT Insan Kamil, MIN 9 Bandar Lampung dan SDN 2 Ketapang. Validasi dilakukan 2 tahap oleh ahli materi dan ahli media, kemudian peserta didik kelas V MIN 9 Bandar Lampung dan SDN 2 Ketapang diberikan angket respon untuk direspon oleh peserta didik dalam uji coba produk yang berupa modul matematika. Hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh presentase rata-rata skor 90% dengan kriteria valid, pada aspek ketepatan cakupan memperoleh rata-rata skor 95% dengan kriteria valid, pada aspek pemecahan masalah memperoleh rata-rata skor 87% dengan kriteria valid, pada aspek bahasa memperoleh rata-rata skor sebesar 87% dengan kriteria valid. validasi ahli media pada aspek ukuran modul memperoleh rata-rata skor 87% dengan kriteria valid, pada aspek desain cover modul memperoleh presentase rata-rata skor 94% dengan kriteria valid, pada aspek desain isi modul memperoleh rata-rata skor 88% dengan kriteria valid. Uji coba kelompok terbatas kelas V pada aspek uji kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 77% dengan kriteria menarik, dan respon pendidik memperoleh rata-rata skor 86% dengan kriteria sangat menarik. Dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis pemecahan masalah materi perkalian dan pembagian pada pecahan kelas V SD/MI yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: Modul, Pemecahan Masalah, Perkalian dan Pembagian Pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:18
Last Modified: 30 Apr 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item