BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI REMAJA PANTI ASUHAN ABDUL MALIK MUHAMMAD ALIYUN WAY KANDIS TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

Marina, Yuni (2017) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI REMAJA PANTI ASUHAN ABDUL MALIK MUHAMMAD ALIYUN WAY KANDIS TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Marina.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bimbingan Kelompok adalah kegiatan kelompok diskusi yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing-masing individu-individu dalam kelompok, serta meningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok guna aneka tujuan yang bermakna bagi para partisipan. Bantuan tersebut berupa pertolongan di bidang kognitif, fisik dan mental, karena belum mengenal identitas diri, ragu, sukar mengambil keputusan, masalah dalam hubungan interpersonal, bahkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan Abdul Malik Muhammad Aliyun Way Kandis Tanjung Senang Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adapun data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah yang berkenaan bimbingan kelompok dan perkembangan konsep diri remaja di Panti Asuhan Abdul Malik Muhammad Aliyun Way Kandis Tanjung Senang Bandar Lampung. Dilihat dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pembimbing Remaja, Pengasuh, serta anak asuh yang ada Panti Asuhan Abdul Malik Muhammad Aliyun Way kandis Bandar Lampung. Dalam hal ini Penulis menggunakan metode non random sampling dalam memilih subyeksubyek sampelnya, maka sampel dalam penelitian ini adalah pembimbing remaja di Panti Asuhan Abdul Malik Muhammad Aliyun yang berjumlah 3 orang dan anak asuh yaitu berjumlah 8 orang. Dalam analisa data digunakkan analisis kualitatif deskriptif, adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti, yang ada pada data lapangan adalah bimbingan kelompok dapat berkembangnya konsep diri remaja dengan bersumber hasil wawancara dengan pembimbing dan pengasuh dan menggunakan teknik pemberian informasi (expository). Berkembangnya konsep diri remaja sehingga mereka makin percaya diri dan mendapatkan prestasi-prestasi yang memuaskan. Jadi kesimpulannya bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri remaja di panti asuhan tersebut berjalan dengan baik. Dengan inilah bimbingan kelompok sangat penting bagi remaja asuh di Panti Asuhan Abdul Malik Muhammad Aliyun Way Kandis Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Sep 2017 06:32
Last Modified: 20 Sep 2017 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item