STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

DENY, PRASETIYO (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKSIPSI_DENY PRASETIYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena yang terjadi bahwa di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung memiliki 9 standar pendidikan yang pada umumnya setiap sekolah memiliki 8 standar pendidika. 9 standar pendidikan itu menjadikan nilai plus bagi setiap orang yang mendengarnya tidak terkecuali penulis. Untuk itu penulis tertarik untuk mengungkapkan bagaimana strategi kepala sekolah di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dalam meningkatkan mutu pembelajarannya. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian disini adalah kepala sekolah dan Guru sekolah di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan efektif dan efisien. Strategi-strategi yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi: 1) Peningkatan kompetensi pedagogik guru yaitu dengan dilakukannya penjaringan yang sesuai strata. 2) Pelaksanaan supervisi secara rutin setiap minggunya. 3) Melibatkan orang tua dan masyarakat yaitu dengan cara mendukung dengan baik tenaga maupun materil untuk anak-anak yang terpilih mengikuti olimpiade tingkat nasional dan internasional. 4) Pendayagunaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara memonitoring secara langsung proses kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Disetiap strategi tersebut telah dilaksanakan oleh kepala SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dan berjalan dengan lancar sampai saat ini. Kendala kepala sekolah dalam meningkatan mutu pembelajaran adalah pada saat pelatihan atau pengembangan kemampuan guru bagi guru yang sudah mendekati masa pensiun. Sehingga sedikit sulit mengikuti perkembangan zaman. Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:00
Last Modified: 30 Apr 2021 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item