PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI SD/MI

ARIFA, NAHDIYAH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIFA NAHDIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan berdasarkan permaslahan yang ada, mudah bosan nya peserta didik dalam pembelajaran, penulis memutuskan untuk membuat media pembelajaran yang menarik yaitu komik sebagai media pembelajaran. tujuan pengembangan media pembelajaran komik materi sifat-sifat Rasulullah SAW pada mata pelajaran akidah akhlak. Media pembelajaran komik dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi guru dan peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran komik peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian pengembangan dengan penggunaan model borg and gall yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: melakukan penelitian study pendahuluan, produk dan produksi pengembangan. Validasi ahli yaitu uji kelayakan media pembelajaran komik yang terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 bahasa, uji lapangan terdiri dari uji lapangan kelompok kecil dengan 10 orang peserta didik dan uji kelompok besar dengan 20 orang peserta didik. Penelitian ini diadakan di MI Masyariqul Anwar Durian Payung dan MIMA 7 Labuhan Ratu. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran komik pada mata pelajaran akidah akhlak materi sifat-sifat Rasulullah SAW memperoleh nilai rata-rata dari ahli media sebesar 92,67% dikategorikan sangat layak, rata-rata nilai ahli materi sebesar 85.33% dikategorikan sangat layak dan rata-rata nilai ahli bahasa 88,18% dikategorikan sangat layak. Sedangkan penelitian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji coba kelompok kecil dan kelompok besar sebesar 90,29% yang dikategorikan sangat layak dan 91,00% yang diberikan sangat layak hal ini menunjukkan media pembelajaran komik yang dikembangkan sangat praktis dalam proses pembelajaran. Dari pemaparan diatas, maka peneliti memberikan sarannya bagi pendidik, orang tua dan pembaca agar dapat mengembangkan media pembelajara yang menarik dalam proses belajar mengajar bagi para peserta didik. Kata kunci : Media Pembeajaran, Komik, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:49
Last Modified: 30 Apr 2021 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item