PEMIKIRAN JALALUDDIN RUMI DALAM BUKU MATSNAWI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

NURUL, APRIANI (2021) PEMIKIRAN JALALUDDIN RUMI DALAM BUKU MATSNAWI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1.2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP NURUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tasawuf adalah usaha untuk mensucikan jiwa sesuci mungkin dalam usaha mendekatkan diri kepata Tuhan sehingga kehadirannya senantiasa dirasakan secara sadar dalam kehidupan. Adanya pemahaman tasawuf, manusia akan mengerti arti hidup yang sebenarnya. Selain itu juga seseorang dapat memelihara kesucian diri yang bisa saja hilang karena terbawa oleh kehendak hawa nafsu yang membuat seseorang melakukan hal-hal yang sangat tidak di sukai oleh Allah. Manusia memiliki sistem nilai untuk mengatur mengenai hal- hal yang baik ataupun buruk. Bagaimana Pemikiran Jalaludin Rumi dalam buku matsnawi tentang nilai-nilai pendidikan tasawuf dan relevansinya terhadap pendidikan islam?. Salah satu cara untuk meyampaikan tentang pendidikan tasawuf adalah dengan mengkaji buku Matsnawi karya Jalaluddin Rumi. Jalaluddin Rumi adalah seorang tokoh besar sufi, dia lahir di Balkh, dan sekarang Afganistan, pada tahun 604 H/ 1027 M. Ayahnya Baha’ Walad adalah seorang da’i terkenal ahli fiqh sekaligus sufi yang menempuh jalan rohani. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemikiran Jalaluddin Rumu tentang nilai-nilai pendidikan Tasawuf dalam Buku Matsnawi, dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan tasawuf terhadap pendidikan islam. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data primer yang digunakan adalah buku Matsnawi. Dan sumber data sekundernya adalah buku-buku karya pemikiran Jalaluddin Rumi . Adapun teknik analisis data yaitu dengan menggunakan metode Analisis isi (Content Analysis). Sebagaimana telah dikutip oleh Soejono dalam bukunya yang berjudul: metode penelitian suatu pemikiran dan penerapan, adalah metodologi penelitian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang benar dari sebuah buku atau dokumen. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Tasawuf berdasarkan pemikiran dalam buku Matsnawiiii karya Jalaluddin Rumi adalah cinta, zuhud, taubat, sabar, tawakkal, khauf, raja, dan Syawq (rindu). Nilai pendidikan Tasawuf dalam buku Matsnawi karya Jalaluddin Rumi terlihat dari pendidikan rohani yang membuat manusia mengikuti apa yang di kehendaki Allah. Seperti yang telah peneliti analisis terdapat hubungan pendidikan tasawuf dengan pendidikan islam. Relevansi nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku Matsnawi karya Jalaluddin Rumi tersebut cukup relevan dengan pendidikan islam , hal ini dilihat dari ruang lingkup komponen materi Pendidikan islam di sekolah di SMP/MTS kelas 7 dam 8 dan SMA/MA kelas 11 yang di dalamnya mengajarkan materi tentang pembelajaran yang mengarahkan pada pembentukan jiwa, moral dan cara bersikap individu pada kehidupannya. Kata Kunci: Jalaluddin Rumi, Matsanawi , Pendidikan Islamiv ABSTRACT Sufism is an attempt to purify the soul as purely as possible in an effort to get closer to God so that his presence is always felt consciously in life. With the understanding of Sufism, humans will understand the true meaning of life. In addition, a person can maintain the purity of oneself which can be lost because of being carried away by the desire of lust which makes someone do things that are very displeased by Allah. Humans have a value system to regulate good or bad things. How is Jalaludin Rumi's thought in a matsnawi book about the values of Sufism education and its relevance to Islamic education? One way to convey about Sufism education is to study the book Matsnawi by Jalaluddin Rumi. Jalaluddin Rumi was a great Sufi figure, he was born in Balkh, and now Afghanistan, in the year 604 H / 1027 AD His father Baha 'Walad was a well-known preacher who was an expert on fiqh as well as a Sufi who took a spiritual path. This study aims to determine the thoughts of Jalaluddin Rumu about the values of Sufism education in the Book of Mathematics, and to determine the relevance of the values of Sufism education to Islamic education. The method used in this research is library research. The primary data source used was the Matsnawi book. And the secondary data sources are books by Jalaluddin Rumi's thoughts. The data analysis technique is by using the content analysis method. As quoted by Soejono in his book entitled: a research method of thought and application, is a research methodology that utilizes a set of procedures to draw correct conclusions from a book or document. The findings of this study indicate that the values of Sufism education based on the thoughts in the book Matsnawi by Jalaluddin Rumi are love, zuhud, repentance, patience, tawakkal, khauf, raja, and Syawq (longing). The value of Sufism education in the book Matsnawi by Jalaluddin Rumi can be seen from spiritual education that makes people follow what God wants. As the researchers have analyzed, there is a relationship between Sufism education and Islamic v education. The relevance of the values of Sufism education in the book Matsnawi by Jalaluddin Rumi is quite relevant to Islamic education, this is seen from the scope of the material components of Islamic education in schools in SMP / MTS grades 7 and 8 and SMA / MA class 11 which teaches material about learning that leads to the formation of souls, morals and how to behave individuals in their lives. Keywords: Jalaluddin Rumi, Matsnawi, Islamic Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:43
Last Modified: 30 Apr 2021 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item