PENGARUH PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, Society) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 RAWAJITU SELATAN

NUR, KHOMARIAH (2021) PENGARUH PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, Society) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 RAWAJITU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR KHOMARIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, Society) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 RAWAJITU SELATAN Oleh Nur Khomariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik di SMAN 1 Rawajitu Selatan, yang masih tergolong rendah,guru belum menerapkan model pembelajaran yang lainya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) terhadap peningkatan peningkatan keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMAN 1 Rawajitu Selatan. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan the matching pretest-posttest Design, teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan pottest),angket, dan dokumentasi, uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Uji Multivariate (Manova) dengan memperoleh nilai sig. 0,00 maka sesui keriteria Uji Multivariate (Manova) berarti H1 diterima, artinya pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berpengaruh terhadap keterampilan generik sains dan sikap ilmiah, sedagkan untuk uji Between Subjects Effects memperoleh data dan pemahaman konsep dengan nilai sig. 0,0000 dan data sikap ilmiah menunjukkan bahwa nilai sig. 0,0000 maka sesuai dengan H1 diterima, artinya pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik pada materi biologi kelas XI di SMAN 1 Rawajitu Selatan. Kata Kunci: Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology, Society) Keterampilan Generik Sains, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:50
Last Modified: 29 Apr 2021 04:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item