PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP LINGKUNGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ANDINI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Yuni, Indriyani (2021) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP LINGKUNGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ANDINI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (537kB)
[thumbnail of Skripsi Yuni Indriyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Metode ekperimen adalah suatu mengajar dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan dikelas dan dievaluasi oleh guru. Hal ini yang diterapkan oleh peneliti di TK Andini Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah penggunaan metode percobaan sederhana berpengaruh lebih baik terhadap penguasaan konsep lingkungan (air, udara, dan api) pada pengenalan sains anak Kelompok B di TK Andini Bandar Lampung Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan Penelitian 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Proses atau Observasi 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik TK Andini Kota Bandar Lampung Tempat penelitan adalah TK Andini Bandar Lampung. objek penelitian ini adalah masalah yang ingin diteliti yaitu: ada beberapa siswa yang belum mengenal konsep lingkungan saat pembelajaran sains mengenai air, udara, dan api karena saat pembelajaran guru kurang dalam memberikan contoh konkret. Waktu penelitian adalah tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen mampu meningkatkan penguasaan konsep ligkungan kemampuan sains yaitu 40% pada siklus I menjadi 86,67% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan penguasaan konsep lingkungan kemampuan sains pada anak usian dini 5-6 tahun di TK Andini Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Penguasaan Konsep Lingkungan dan Kemampuan Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:43
Last Modified: 27 Apr 2021 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item