PEMIKIRAN MOHAMMAD NATSIR DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DEWAN DA’WAH ISLAMIYAH INDONESIA PROVINSI LAMPUNG

Ridho, Gusti Putra (2021) PEMIKIRAN MOHAMMAD NATSIR DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DEWAN DA’WAH ISLAMIYAH INDONESIA PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat 1.2 dapus RIDHO.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP RIDHO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbicara pendidikan Islam berarti membicarakan masalah diri manusia. Pandang semacam ini jelas akan berpengaruh besar terhadap sikap seseorang dalam memandang ilmu itu sendiri sebagai makhluk Tuhan yang dipersiapka untuk menjadi khalifah- Nya di muka bumi dalam rangka mengabdi kepada- Nya. Salah satu tantangan pendidikan Islam saat ini adalah masih terjadinya dikotomi ilmu, artinya terjadi pemisahan antara ilmu- ilmu agama dan ilmu- ilmu dunia (profan) yang saling menafikan satu sama lain. Maka dari itu, penulis kemudian membahas kembali tentang konsep pendidikan Islam dari salah satu lembaga Da‟wah Islam yang ada di provinsi lampung yang mengadopsi pemikiran dari Mohammad Natsir sebagai pendirinya dengan harapan mampun memberikan solusi penyelenggaraan pendidikan islam yang berkualitas dan sesuai harapan agama dan bangsa. Oleh karna itu, penulis mengambil judul “Konsep Pendidikan Islam Dewan Da‟wah Islamiyah Indonesia Provinsi Lampung”. Penelitian ini termasuk kedalam Field research (penelitian Lapangan). yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam- macam materi yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk “deskriptif kualitatif” yaitu suatu penelitian yang bertujuan mengumpulkan dan menyusun data yang kemudian diusahakan pula adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran terhadap datadata tersebut. Adapun dalam menganalisa data penulis menggunakan dua metode yaitu metode deskriptif analisis dan metode analisis isi (content analisys). Dengan kerangka itu, dapat diketahui bahwa Konsep Pendidikan Islam Dewan Da‟wah Islamiyah Indonesia Provinsi Lampung dibangun dari kerangka berfikir Mohammad Natsir sebagai pendiri pertamanya dan memasukan inovasi pendidikan sesuai dengan kebutuhan yang ada di provinsi lampung khususnya. Yang kemudian tercipta Instrumen-instrumen dalam konsep tersebut yang semuanya disusun berdasarkan Al Qur‟an Dan As Sunnah serta kolaborasi pemikiran Mohammad Natsir. Konsep Pendidikan Islam Dewan Da‟wah Islamiyah Indonesia Provinsi Lampung yang mengedepankan “pendidikan Pengkaderan” dan menintegrasikan antara pendidikan umum dan pendidikan Islam secara seimbang. Selain itu juga dewan da‟wah provinsi lampung memilki konsep pendidikan tak hanya didapatkan oleh para peserta didik melainkan didapatkan pula oleh para orang tua peserta didik sehingga perlahan hal tersebut dapat menjawab kesenjangan yang terjadi dengan bukti kualitas dari pendidikan Islam yang ada. Kata Kunci : Mohammad Natsir, Konsep Pendidikan Islam, Dewan Da’wah Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 05:04
Last Modified: 26 Apr 2021 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item