PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 BEDUDU LAMPUNG BARAT

HEBRIYA, Bangsawan, Ms (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 BEDUDU LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover - Bab II + Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIFSI HEBRIYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masih rendahnya kemampuan membaca pemahaman di kelas V SDN 2 Bedudu Lampung Barat sangat berpengaruh pada pembelajaran, dikarenakan peserta didik yang hanya membaca saja tanpa mengetahui isi bacaan dan metode pembelajaran yang belum sesuai dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R pada peserta didik kelas V SDN 2 Bedudu Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Bedudu Lampung Barat yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian untuk menerapkan metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, dengan instrument berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan belajar peserta didik meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I hanya mencapai rata-rata 72.91 dengan rincian 23 (63,88%) peserta didik mencapai peningkatan dan 13(36,11%) belum mencapai peningkatan. Dilanjutkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 73.91 dengan rincian 26 (72,22%) peserta didik mencapai peningkatan dan 10 (27,78%) belum mencapai peningkatan. Peningkatan terlihat pada siklus III, nilai tes dengan rincian 32 (88.89%) peserta didik dengan rata-rata 82.78. Sedangkan yang belum meningkat sebanyak 4 peserta didik atau 11,11%. Dengan demikian, metode SQ3R (Survey, Questions, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VA SDN 2 Bedudu Lampung Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:40
Last Modified: 26 Apr 2021 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13958

Actions (login required)

View Item View Item