PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 TULANG BAWANG TENGAH

Sulis, Setiawati Dwi Rahayu (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 TULANG BAWANG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 2 DAPUS  SULIS SETIAWATI DWI RAHAYU.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SULIS SETIAWATI DWI RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share Terhadap Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPA Di SMPN 2 Tulang Bawang Tengah Oleh Sulis Setiawati Dwi Rahayu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya literasi sains yang juga rendahnya minat belajar peserta didik akan mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan salah satunya karena proses pembelajaran dalam kelas masih cenderung teacher center, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif sehingga mengakibatkan kurangnya perkembangan kemampuan literasi sains. Sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment, desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Groub Desain. Penelitian dilaksanakan diSMPN 2 Tulang Bawang Tengah, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan 2 kelas yang terdiri Kelas VIII A kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SSCS dan kelas VIII B kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengambilan data berupa tes, dengan menggunakan instrumen soal untuk mengukur literasi sains dan angket untuk mengukur minat belajar, setelah data tes objektif dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji daya beda, tingkat kesukaran, dan pengecoh. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil hipotesis F1-2 ditolak, F1-3 ditolak, dan F2-3 diterima. Dengan hasil analisis < yang dapat disimpulkan bahwa pada pedelitian ini 1. Terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan literasi sains, 2. Terdapat pengaruh minat belajar tinggi, sedang, rendah terhadap kemampuan literasi sain, 3. Tidak ada pengaruh perlakuan model dan kategori minat belajar terhadap kemampuan literasi sains. Kata Kunci : Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS), Literasi Sains, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:32
Last Modified: 26 Apr 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item