ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PERKAWINAN ATAS DASAR IMING-IMING HARTA (Studi Kasus Pada Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

RAMA, AGUSTINO (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PERKAWINAN ATAS DASAR IMING-IMING HARTA (Studi Kasus Pada Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan merupkan suatu hal yang mulia nan agung, dalam Islam pernikahan juga merupakan suatu ibadah dimana didalamnya akan mendapatkan banyak pahala serta kebaikan, lalu bagaimana mungkin suatu yang mulia namun menjalankanya tanpa ada rasa keikhlasan didalamnya, padahal ikhlas adalah salah satu landasan dalam beramal. Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat terdapat sebuah perkawinan yang terjadi karena adanya iming-iming harta kaena telah terjadi kehamilan pada pihak wanita yang itu terjadi karena hubungan diluar perkawinan yang ia lakukan dengan beberapa laki-laki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan perkawinan dengan iming-iming harta di Kelurahan Pajar Bulan dan Bagaimana Hukum Islam memandang perkawinan dengan iming-iming harta Tujuan dari penelitian ini adalah Ingin menganalisis bagaimana pelaksanaan perkawinan dengan iming-iming harta di Kelurahan Pajar Bulan dan Ingin menganalisis bagaimana Hukum Islam memandang perkawinan dengan iming-iming harta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskiftif analitik, berdasarkan jenis sumber data yaitu dari data primer yang bersumber langsng dari sumbernya dan data sekunder yang mendukung sumber data resmi.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), dan dokumentasi. Adapun pengolahan data menggunakan Pemeriksaan Data ( editing), Penandaan Data (coding), Rekonstuksi Data (recontructing), Sistemasi Data (sistemation). Metode analisis data yang digunakan penelitian ini analisis kualitatif, Dalam penelitia ini dalam menarik kesimpulan menggunakan metode pendekatan deduktif induktif Perkawinan dilakukan di kediaman pihak wanita dengan memenuhi rukun dan syarat perkawinan sesuai dengan hukum Islam dan juga Hukum Negara. Iming-iming yang dijanjikan hanya kesepakatan kedua pihak tanpa ada didalam perjanjian perkawinan. Perkawinan atas dasar iming-iming harta ini sah secara Hukum Islam dan juga sah secara Hukum Negara tetapi timbul akibat hukum lain karena menikahi wanita hamil, iming-iming harta yang diberikan diawal sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:03
Last Modified: 26 Apr 2021 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item View Item