MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL

Firda, Zakiyah (2021) MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIRDA ZAKIYAH CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurang tepatnya pendidik dalam memilih Model Pembelajaran yang digunakan dalam Pendidikan Agama Islam, sehingga menyebabkan tidak tercapainya tujuan dari pembelajaran tersebut, terutama dalam hal kecerdasan spiritual. Lembaga pendidikan merupakan salah satu tempat terjadinya proses belajar mengajar, dalam lembaga pendidikan inilah peran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk membentuk kecerdasan spiritual peserta didik. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila pendidik memilih Model Pembelajaran yang sesuai untuk digunakan. Karena hal ini peneliti mencoba menganalisis penggunaan Model Pembelajaran Direct Intruction dalam Pendidikan Agama Islam. Model Pembelajaran Direct Instruction yaitu Model Pembelajaran yang dilakukan secara bertahap yang bertujuan untuk mempermudah dalam menyampaikan pelajaran, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat merealisasikan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pendidikan Agama Islam, dan menganalisis apakah Model Pembelajaran Direct Instruction yang digunakan dalam Pendidikan Agama Islam ini berkaitan dengan kecerdasan spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau library research. Berdasarkan hasil analisis data Model Pembelajaran Direct Instruction dapat digunakan dalam Pendidikan Agama Islam karena Langkah-Langkahnya yang tepat dan dilakukan secara bertahap. jika penggunaan model pembelajaran Direct Instruction dilakukan dengan benar dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, maka tujuan dari Pendidikan Agama Islam itu akan tercapai. Apabila dikaitkan dengan kecerdasan spiritual, model pembelajaran Direct Instruction dalam Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pendidikan Agama Islam, Relevansi ABSTRACT The background of this research is the lack of precise educators in choosing the Learning Model used in Islamic Religious Education, thus causing the achievement of the purpose of such learning, especially in terms of spiritual intelligence. Educational institutions are one of the places where the teaching and learning process occurs, in this educational institution the role of Islamic Religious Education teachers is very important to form the spiritual intelligence of learners. Learning objectives will be achieved if educators choose the appropriate Learning Model to use. Because of this, researchers tried to analyze the use of Direct Intruction Learning Model in Islamic Religious Education. Direct Instruction Learning Model is a learning model that is done gradually that aims to facilitate in delivering lessons, so that students more easily understand the material delivered and can realize the material in daily life. This study aims to analyze the Use of Direct Instruction Learning Model in Islamic Religious Education, and analyze whether the Direct Instruction Learning Model used in Islamic Religious Education is related to the spiritual intelligence of learners. This research uses library research. Based on the results of data analysis Direct Instruction Learning Model can be used in Islamic Religious Education because the steps are precise and carried out gradually. if the use of direct instruction learning model is done correctly and follow the steps described, then the objectives of Islamic Religious Education will be achieved. When associated with spiritual intelligence, direct instruction learning model in Islamic Religious Education is very important to improve the spiritual intelligence of learners. Keywords : Direct Instruction Learning Model in Islamic Religious Education, Relevance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:31
Last Modified: 23 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item