PENGEMBANGAN MEDIA KOPASUKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KELUARGAKU KELAS 1 DI MI AL-KHAIRIYAH DAN SD NEGERI RAJA BASA LAMPUNG SELATAN

PUTRI, AYU MUSLIMAH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOPASUKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KELUARGAKU KELAS 1 DI MI AL-KHAIRIYAH DAN SD NEGERI RAJA BASA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PUTRI AYU MUSLIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pendidikan secara formal diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.“ Agar mencapai tujuan tertentu, dibutuhkan media pembelajaran salah satunya media kopasuka. Kopasuka singkatan dari kotak puzzle susun kata. Media pembelajaran ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dan memberikan kemajuan dalam pembelajaran di sekolah. Maka peneliti ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran kotak puzzle susun kata. Peneliti berharap berdasarkan media kotak puzzle susun kata ini “peserta didik dapat antusias mengikuti pembelajaran secara aktif dan menyenangkan, terhindar dari pembelajaran yang membosankan. Adapun rumusan masalahnya yaitu: bagaimana pengembangan media pembelajaran kopasuka pada tema 4 keluargaku, bagaimana respon peserta didik dalam media pembelajaran kopasuka pada tema 4 keluargaku. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan dan respon terhadap media kopasuka pada tema 4 keluargaku. Mengetahui respon peserta didik dalam media pembelajaan kopasuka pada tema 4 keluargaku. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and Development dengan model bord and gell. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli bahasa, 2. Pendidik kelas I dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas I SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kopasuka memperoleh persentase ahli media memperoleh skor 73% dengan kategori layak, ahli materi memperoleh skor 94,18%, dengan kategori sangat layak, ahli bahasa memperoleh skor 83% dengan kategori sangat layak, penilaian pendidik memperoleh rata-rata persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan respon peserta didik uji coba kelompok kecil memperoleh skor 80,9% dengan kategori layak, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 82,91% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media kopasuka sangat layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Kopasuka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:21
Last Modified: 23 Apr 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item