PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

KUSNIAWAN NUR, MUHAMMAD FITRA (2021) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan tekonologi kearah serba digital saat ini semakin pesat. Digital marketing saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat. Orang-orang yang sebelumnya tidak berhubungan dengan digital marketing sekarang telah mulai tertarik dalam bidang tersebut. Era dimana seseorang akan mempertanyakan bila dia tidak memiliki akun sosial media. Disinilah kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh marketers maupun pelaku usaha untuk menembus market digital marketing khususnya di Indonesia yang memiliki potensi yang sangat besar. Era digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa digunakan sebaik-baiknya. Perkembangan digital marketing tidak hanya menimbulkan dampak positif namun juga menimbulkan dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang terjadi dilapangan adalah adanya penyimpangan yang terjadi karena tidak memenuhi syarat sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yang didalamnya terdapat prinsip keujujuran dan tanggung jawab. Berdasarkan beberapa latar belakang tersebut maka penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: Apakah digital marketing berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di kecamatan Enggal; apakah digital marketing berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di kecamatan Enggal menurut perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah digital marketing berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di kecamatan Enggal; Untuk mengetahui apakah digital marketing berpenaruh terhadap pendapatan UMKM di kecamatan Enggal menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat kuantitatif dimana data yang dihasilkan berbentuk angka. Adapun teknik pengumpulan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 96 sampel Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah menggunakan digital marketing. Teknik analisis data yang diperoleh, menggunakan software SPSS 20.0. diantaranya analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kecamatan Enggal. Hal ini dibuktikan setelah para UMKM memutuskan menggunakan digital marketing dapat meningkatkan pendapatan UMKM tersebut. Serta digital marketing juga mampu meningkatkan pendapatan dengan efisiensi waktu yang tidak terbatas. Dalam perspektif ekonomi Islam yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dikecamatan Enggal menggunakan digital marketing sebagai alat pemasaran yang dimana pemasaran tersebut telah mengerapkan prinsip-prinsip ekonomi syari’ah diantaranya ketauhidan, adil, kebebasan, tanggung jawab dan kebenaran. Kata Kunci : Pendapatan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:57
Last Modified: 23 Apr 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item