PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA MATERI AKHLAK TERPUJI KELAS IV ( EMPAT ) MI

Safitri, Laela Eka (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA MATERI AKHLAK TERPUJI KELAS IV ( EMPAT ) MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Safitri.pdf]
Preview
PDF
Download (65MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar akidah akhlak berbasis CTL pada materi akhlak terpuji dan mengetahui respon pendidik terhadap produk yang dikembangkan tingkat madrasah ibtidaiyah kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D ( Research and Development) dengan analisis data kualitatif. Penelitian ini di lakukan dengan beberapa tahap yaitu potensi dan masalah yang akan di kembangkan, mengumpulkan informasi dengan tahap wawancara dan telaah buku teks pelajaran, desain produk mengembangkan produk bahan ajar akidah akhlak berbasis CTL pada materi akhlak terpuji, validasi desain yaitu validasi bahan ajar oleh ahli materi, media dan bahasa. Tahap revisi desain yaitu memperbaiki bahan ajar yang belum memenuhi standar kelayakan bahan ajar sesuai dengan ide dan saran dari para ahli, uji coba produk yakni guru Akidah Akhlak dan yang terakhir adalah revisi produk akhir bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar akidah akhlak berbasis CTL materi akhlak terpuji kelas IV. Penelitian ini dilakukan di MI Mathlaul Anwar Cinta Mulya dengan objek penelitian guru akidah akhlak kelas IV dan dengan dosen validator Pendidikan Agama Islam Fakultas Tabiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Hasil dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan menurut ahli materi, ahli media dan bahasa serta guru akidah akhlak termasuk dalam kategori Sangat Layak. Hasil penilaian dari validator pada tiap validator ahli materi dengan persentase skor ideal 78,3% adalah sangat layak, validator ahli media dan bahasa dengan persentase skor ideal 96,6% adalah sangat layak, hasil validator dari guru akidah akhlak dengan persentase skor ideal 82,6% adalah sangat layak. Hasil tersebut mengindikasi bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki kategori keseluruhan penilaian yang sama yaitu sangat layak. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dihasilkan bahan ajar akidah akhlak berbasis CTL pada materi akhlak terpuji tingkat madrasah ibtidaiyah kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:07
Last Modified: 19 Sep 2017 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item