PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PART OF SPECTRUM INQUIRY LEARNING BY WENNING TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

DEWI, ASTUTI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PART OF SPECTRUM INQUIRY LEARNING BY WENNING TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Dewi Astuti 1611060335-dikonversi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PART OF SPECTRUM INQUIRY LEARNING BY WENNING TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK Oleh : DEWI ASTUTI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran biologi di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Konsep pembelajaran IPA ditekankan pada peserta didik untuk menyediakan pengalaman belajar, didukung perangkat belajar yang memadai berupa bahan ajar seperti modul. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang Pengembangan modul biologi berbasis discovery learning part of spectrum inquiry learning by wenning terhadap sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah penelitiannya meliputi 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi modul ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dan respon pendidik serta angket untuk peserta didik dengan uji coba terbatas dan uji coba lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai kelayakan ahli media sangat layak yaitu 85%, nilai kelayakan ahli materi sangat layak yaitu 85%,nilai kelayakan ahli bahasa sangat layak yaitu 84%, nilai kelayakan uji coba terbatas layak yaitu 78%, dan nilai kelayakan uji coba lapangan sangat layak yaitu 78%. Ini menunjukkan bahwa modul biologi berbasis discovery learning terhadap sikap ilmiah yang dihasilkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan. Kata kunci: Modul, Discovery Learning, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:51
Last Modified: 21 Apr 2021 05:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item