FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERTRANSAKSI MASYARAKAT NON MUSLIM DI BANK SYARIAH (Studi pada BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung)

Wijaya, Rizky Marstianti (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERTRANSAKSI MASYARAKAT NON MUSLIM DI BANK SYARIAH (Studi pada BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Wijaya.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prinsip syariah dengan tiga pilarnyayaitu adil, transparan dan maslahat mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap sistem perbankan yang lebih adil. Unit Usaha Syariah (UUS) BNI resmi menjadi Bank Umum Syariah (BUS) setelah dilakunkannya spin off pada tahun 2010.Dalam perkembangannya nasabah BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung tidak hanya terdiri dari masyarakat Muslim saja, masyarakat non Muslim banyak yang menjadi nasabah di BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung. Adanya masyarakat non Muslim tersebut mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Hal ini sangat penting diperhatikan oleh bank syariah dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah non Muslim agar tertarik untuk bertransaksi pada bank syariah Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variabel produk (X1), lokasi (X2) dan promosi (X3) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat masyarakat non Muslim (Y) untuk bertransaksi di bank syariah khususnya di BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produk, lokasi dan promosi terhadap minat masyarakat non Muslim untuk bertransaksi di bank syariah baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis data kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden yang diambil dengan teknikprobability sampling dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara.Metode analisis dan datanya menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesa (uji t dan uji f), kemudian teknik pengolahan datanya menggunakan SPSS 16 for windows. Dari hasil uji t menunjukan bahwa variabel produk memiliki nilai thitung sebesar 2,493>1,690 dengan nilai signifikasi 0,018<0,05 yang artinya variabel independen produk berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat, variabel lokasi memiliki nilai thitung sebesar -1,250<1,690 dengan signifikasi 0,221>0,05 yang artinya variabel independen lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat, kemudian variabel promosi memiliki nilai thitung sebesar 3,670>1,690 dengan nilai signifikasi 0,001<0,05 yang artinya variabel independen promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat. Dari hasil uji F sebesar 13.345 yang mengandung arti bahwa terdapat pengaruh positif secara bersama-sama (simultan) antara variabel independen terhadap variabel dependen. Kemudian berdasarkan hasil uji determinasi atau uji R2 adalah 0,521 hal tersebut berarti 52,1% variabel minat masyarakat non Muslim dapat dijelaskan oleh variabel produk, lokasi dan promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Sep 2017 01:49
Last Modified: 19 Sep 2017 01:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item