HUKUM ISLAM TENTANG PENGGUNAAN BAHASA SIMBOLIK DALAM TRANSAKSI JUAL BELI KAMBING (Studi di Pasar Kambing Desa Negara Harja Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan)

MUSLIHUDIN, Abdullah Hamdi (2021) HUKUM ISLAM TENTANG PENGGUNAAN BAHASA SIMBOLIK DALAM TRANSAKSI JUAL BELI KAMBING (Studi di Pasar Kambing Desa Negara Harja Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi MUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan kegiatan primer yang tidak terlepas dari seluruh aktivitas manusia. Komunikasi memiliki pengertian yakni proses penyampaian maksud atau pesan dari sang komunikator kepada komunikan baik dalam bentuk satu arah atau dua arah, dengan menggunakan media (alat bantu) maupun tidak, dengan tujuan terwujudnya mutual understanding (kesepakatan). Interaksi dan komunikasi yang digunakan antara blantik kambing dan pedagang kambing dalam praktik yang terjadi di dalam sebuah interaksi terjadi komunikasi atau permintaan imbalan atau upah yang dilakukan blantik kepada pedagang dengan menggunakan simbol. Simbol yang digunakan yaitu dengan menggerakan jari-jari, menepuk badan, atau dengan kosa kata tertentu yang hanya dimengerti oleh blantik kambing dengan pedagang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana akad simbolik oleh blantik dalam bertransaksi di Pasar kambing dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik akad simbolik blantik kambing tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akad simbolik oleh blantik dalam bertransaksi di Pasar kambing dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik akad simbolik blantik kambing. Jenis Penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitiannya adalah deskriptif analisis, sumber datanya yaitu primer dan sekunder. Populasinya adalah pedagang, blantik dan pembeli yang berjumlah 9 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan datanya melalui editing dan sistematisasi data. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan bahwa praktik akad yang digunakan oleh belantik dan pedagang kambing dalam interaksinya adalah akad jual beli menggunakan isyarat atau simbol. Ditinjau dari hukum Islam penggunaan bahasa simbolik tersebut dilarang (haram), sebab bahasa simbol tersebut digunakan oleh blantik sebagai cara menyembunyikan harga minimal dari pedagang kambing sehingga memungkinkan terjadinya penipuan (gharar) sisi manipulasi harga terhadap pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:13
Last Modified: 21 Apr 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13844

Actions (login required)

View Item View Item